Selasa, 18 Desember 2012

Dia Yang Berusaha mengambil Hati


Hari yang iya tunggu itupun tiba penyelidikkannya nya pun hampir usai , tentang semua pertanyaannya yang berbulan-bulan ia simpan dibenaknya , tentang semua itu ia tentang itu hal itu yang membuat aku penasaran sama dia kawan , intan mengungkapkannya kembali pada sahabat –sahabatnya itu, kalian  tau dari mana jangan-jangan kalian memberitahukan hal itu kepadanya tanpa sepengetahuanku, ih dasar ya aku menyembunyikannya tapi kalian member tahunya , bilang apa saja kalian sama cowok itu? intan bertanya dengan nyerocos tanpa jeda sedikitpun , ia intan memang begitu kalau sedang bertanya dengan orang lain.
Mereka menjadi sahabat baik karena berjalanan nya waktu , dan kebersamaan mereka , hari demi hari berlalu , percakapan mereka pun lebih detail dari sebelumnya , salsabila yang sering akrab di panggil oleh teman-teman sekelasnya juga guru-guru disekolah, hari ini rabu ketika mereka bertemu dan bimo yang mengawali percakapan itu, di kantin sekolah sekitar pukul 11.05 , istirahat di sekolah ini memang cukup lama sekitar setengah jam , bahkan bisa lebih dari itu.
Inda dan Dini pun merasa ada hal yang mulai berbeda dari tingkah laku dua insane tersebut, intan hari demi hari sejak pertemuan siang itu menjadi lebih anggun dan ketomboyannya sedikit berkurang meski masih suka manjat pohon jambu disekolah , kalau disuruh sama guru-guru maklum kan intan cucunya wakil kepala sekolah jadi intan lumayan akrab dengan guru, istirahat pun ibntan lebih banyak diruang guru ketimbang di kelas dan bermain bersama teman sekelasnya. Intan mayan di butuhkan di sekolah meskipun bandel , tapi dia sangat bisa mengatur dan membantu kelancaran program sekolah , karena tidak banyak ide dari intan dipakai dan disetujui oleh guru-guru disekolah untuk system pembelajaran disekolah ini, sekolah induk pertama cikal bakal sekolah-sekolah disekitarnya.
Anak-anakpun jadi  segan bila harus berhadapan dengan intan , kalau ada yang berani buat masalah dengan intan pasti  ujung-ujungnya harus berhadapan dengan guru , bahkan sampai ke kepala sekolah , pernah ketika intan masih kelas 1 SD uang tabungan intan selalu hilang bila mau di berikan kepada guru kelasnya , ketika itu ia menaruhnya di tas paling depan , saat dia ingin menabungnya sudah lenyap begitu saja , pelakunya pun tertangkap karena ulah intan yang berani tanggung resiko tinggi dan si pelakunya langsung di Drop out dari sekolah .
Atas kejadian itu anak-anak pun berpikir ulang bila ingin menjadi teman dekatnya intan, tapi beda dengan mu
Murid baru ini dia memang bukan asli sini , dia asli lampung kota dimana bukan di pulau jawa tapi di barat pulau jawa lebih tepatnya di pulau sumatera , so pasti dia belum mengenali intan secara keseluruhan , meski dia banyak tau informasi tentang intan dari teman sebangkunya.
Bukan halangan berat untuk dia agar bisa bersahabat dengan intan , banyak cara dia lakukan hingga hampir kehilangan taktik, hari itu dia memulai kembali mengambil simpatiku saat dimana pelajaran akan dimulai kembali.
Bimo dan kawan-kawan : dasar miss tomboy chaby , bisa aja lu ngeles nya , mau balik ke kelas gak bentar lagi pak haji oding mukul belnya tuh nanti ada bu juju  loh tan masuk, ayo cepetan .( balik Ke kelas)
Intan dan kedua personil the cegreenmutz buset dah ( cewe jomblo lucu dan imut ) pergi ke kelas barengan genknya bimo n friends, anak-anak pun mulai memperhatikan gerak-gerik mereka berdua,  karena semakin hari sejak pertemuan siang itu yang tidak disengaja dibilang kebetulan, dan salsa beranggapan bahwa pertemuan mereka sudah direncanakan Tuhan.
 Mereka pun belajar dan berisik banget namun intan orangnya gak suka suasana berisik kalo lagi belajar , lalu intan teriak seraya kelas sperti gempa  J
Intan : Woy  kalian teh gandeng banget sih bisa teu lamun keur di ajar the caricing balem gandeng nyaho ke aya guru datang baru nyaho , (bersama dini dan inda yang duduk paling depan ).
Okky n friends : bisa gak tan gak usah teriak da kedengeran  , ntar abis loh suaranya teriak mulu , (berdi                                          ri terus jalan menghampiri intan di kursinya )
Intan : tuda kalian mah berisik mulu apalagi lo ky dari tadi berkicau mulu sama si Trisakti berisik tau emang pasar ya , ini teh   kelas woy bukan pasar . gandeng wae lamun rek gandeng mah kaluar.
Tri sakti yang selalu juara umum saingan beratnya intan kalau dalam soal nilai pasti selalu  saiangan b, saiangan berat malah . anaknya nya gak bisa diem kalau kata orang sunda mah ciling cingcat wae siga oces , hahaha peace ai lain ngece emang fakta. J
Intan : eh kamu lamun keur di ajar bisa teu sakali weh cicing tong gandeng jeun ciling cingcat wae , (maklum intan merangkap jadi KM sekaligus Bendahara karena gak ada yang mau J)
Okky ,Tri n friends : iah gue diem bawel banget sih lu tan kalo ngomong the gak pernah pake koma nyerocos terus kaya kereta api kalau gak kaya orang lagi ke bakaran jenggot aja lu tan.
 the Genks : Ia tan kalau ngomong pake koma dong , nyerocos mulu , bawel banget sih jadi cewek , gak usah pake teriak juga kedengeran . ( ikutan ke depan)
Bimo : Ia lu tan jadi cewek bawel banget sih, dasar chaby bawel , aku juga tau tuh yang ngajak ngobrol anak-anak genks aku .
Intan : woy satu- satu kalo mau protes jangan keroyokan , kaya mau kampanye aja lo semua ya , di bilangin the ya awas loh ta laporin ibu guru tau rasa ( seraya ke luar kelas )
Bimo : mau kemana kamu bila ? yeh etah malah pergi ( kembali ke tetempat duduknya di belakang)
Di kantor guru
          Intan : Assalamua’laikum ibu punten itu barudak di kelas gararandeng wae bu , di pasihan terang ku intan malah pada nyolot. ( dengan tampang kesel)
          Ibu guru : iya bentar neng , ntar ibu ke kelas ada tamu dulu sebentar nanti ku ibu di carek barudak na .
          Intan : Ia ibu nuhun Salsabila mau kembali lagi ke kelas , assalamualaikum bu
          Ibu guru  : ia neng , sok weh duluan kalo mau ke kelas mah
Intan pun sambil berlari kembali ke kelas dengan terburu, hingga rambut panjangnya yang terurai sedikit berantakan .
Di Kelas ( anak-anak malah main kartu yu gi oh )

Intan : assalamualaikum, yeh etah malah main kartu bentar lagi ibu guru ke las beresan yeh nya .
Anak-anak : ia tuh tan okky n the genks malah ulinan wae
Okky , n bimo , n the genks : weuh dia  mah geus ngadu da ka guru , tempo meuni lulumpatan kitu . ( kaget)
Intan : yeh batur salam lain di jawab heula malah langsung nyerocos , tau gak kalo ada yang bilang salam tuh wajib di jawab , bukannya nyorocos kitu . ( sedikit Ceramah)
Anak-anak : eh ia lupa waa’laikumsalam tan , ia ia tau yeh bu ustadz malah ceramah rek ngiluan moal yeuh , main kartu .
Intan : mbung teuing  rek naon main kartu, geus beresan yeh ntar ada guru yeh tau rasa lu
Anak-anak  :  iah tan , ieu ge d beresan , gandeng maneh tan geus diuk kaditu bawel amat    sih jadi orang itu .
Intan : iah ini juga capek nyaho teu ka ruang guru , garandeng wae  maneh .
Bimo           : Tau nih si  Salsabila aku gak ngerti lu ngomong apah , ora mudeng, chaby
Intan : naon sih nimbrung wae, gandeng wae deuih maneh udah sana duduk ntar ada  guru loh.
Akhirnya anak-anak pun diam dan bimo kembali bersama the genks yang dari tadi ga bisa diem dan ngoceh terus , bel pulang pun di bunyikan oleh pa haji oding sang penjaga sekolah  (teng –teng).
Anak-anak pun pulang namun intan masih di sekolah mau latihan pramuka dulu sama si bimo dan the genks. Mereka pun setelah latihan kembali mempersiapkan untuk hari esok .
Begitu cara anak gadis ini berbicara maklum orang sunda tapi dia tak tau benar bahasa sunda yang lemas itu seperti apa ya itu lah bahasa ibunya keluar kalau dia lagi ribet harus berbicara Indonesia , memang intan dilahirkan dari keluarga asl pribumi namun ada darah arabnya yang mengalir , oleh karena itu dia sering dipanggil cewek arab tapi kok ngomongnya sunda , canda teman-teman disekolahnya .
Humoris tapi ya begitulah dia , tingkah lakunya susah di tebak dia pandai menyembunyikan ekspresi wajahnya bila lagi sedih maupun senang sama saja datar namun bila sedang tersenyum ataupun melihat orang lain dengan mata sinis nya , pasti orang akan terheran-heras maksud dari tatapannya yang begitu tajam itu , mengerikan juga sih sikapnya yang misteri itu , seperti ada yang ia sembunyikan dari dirinya kepada orang lain , agar orang lain tak mengetahuinya , bahakan 3 sahabatnya nya pun susah menebak sikap dia seperti itu ya memang mereka pun heran , intan itu unik pribadi yang misterius sering kali brsikap seperti paranormal yang gak jelas juntrungnya , tapi apa yang dia ucapkan slalu kejadian terus , itu yang membuat aku herah sama dia , ungkap inda dikala ia tak bersama intan yang hanya duduk berdua dengan dini dikantin .
Intan kemana yak ok tak terlihat hari ini , apa dia sakit lagi , kok dia sering sakit sih akhir-akhir ini samapi dia tak mau cerita apa yang ia sedang alami , apakah dia tak mau kami tau , inda bertanya pada sahabatnya itu yang mirip nabila syakieb , dini pun menjawab ia nda aku juga heran akhir-akhir ini intan sering tak masuk sekolah , heran mereka berkutat dengan seribu keherannan .
Ia intan udah 2 minggu gak masuk sekolah , ujar seorang anak laki-laki dibelakangnya tak tau itu siapa orang itu hanya bilang sepintas , dugaan mereka itu si misterius itu yang akhir-akhir ini membuat mereka berubah , sebenarnya dia sakit apa ? dan tadi siapa yang nimbrung dari belakang tanya inda pada dini , dini pun langsung menjawab ‘’ Mungkin Dia nda , belum selesai bicara sudah inda potong ,Dia siapa maksudmu din ? sahut inda , aku rasa dia  , ia tapi siapa ? mungkin murid baru yang baru pindahan itu dini membalas pertanyaan inda , oh dia aku kaget kirain siapa tapin dia tau dari mana kalo intan 2 minggu sakit , apa mungkin ???? apa mungkin apa inda jangan suudzon dulu sahut dini , ya mungkin aja din ada sesuatu yang gawat jadi intan hanya memberitahu dia , dia mungkin tidak mau kalau kita khawatirin dia , kan dia mah orang nya begitu tertutup kalau yang menyangkut hal pribadinya , mungkin saja benar aku setuju nda , dini kembali mengambil suara , ya udah nanti besok kita cari tau bener atau enggak nya kalo gak kita tanya sama dia aja tuh bocah misterius , inda berargumen ia boleh juga tuh nda sahut dini dan mereka berlalu pergi kembali kekelas.
Dua minggu berlalu intan tak ada kabar sama sekali dia bocah misterius itupun tak mau memberitahu keadaanya gadis chaby ini , merekasemua bingung sampai akhirnya intan masuk sekolah lagi . Kemana saja kamu tan kok baru keliatan sih tanya inda , a….. aku sakit say sahut intan , sakit apa kamu tan , hmmm Cuma sakit biasa aja kok , biasa apanya sampai 2 minggu gak masuk gitu dibilang biasa dasar kamu tan , sahut temannya , ya biasalah sikon yang tidak mendukung, mungkin aku kelelahan karena kegiatan yang super padat ini maklum orang sibuk , sahut intan ahhh kamu tan kebiasaan deh kalo ada apa-apa atau ada masalah bilang dong tan , kamu anggap apa ke kita sahabat kan ? sambung inda dan dini , ia sahabat say tapi Cuma sakit biasa kok santai aja menutupi kerisauan dan sedang menyiapkan jawaban yang akan dijawab saat mereka bertanya lagi .
Ia dia mengidap penyakit meningitis atau sering disebut radang otak , sejak dari kecil ia sering mersakan sakit sampai ia bulak-balik masuk rumah sakit , sampai kedua sahabatnya pun tak tau hal yang sangat pribadi itu , dia pintar menyembunyikannya , entah mengapa dia tidak mau memberitahukan kepada mereka .
Meningitis tak banyak yang bertahan lama dengan penyakit ini , ya mengerikikan itu yang membuat intan sering tak masuk sekolah, namun mereka tak mengetahuinya bahkan kedua sahabatnya itu , apa mungkin anak baru itu tau keadaan intan  yang sebenarnya , bila dia tau apa responnya bila semua sahabatnya tau , intan tak mau sahabat-sahabat nya itu menjahuinya karena hal itu oleh karena itu dia menyembunyikannya  rapat-rapat , biar suatu saat nanti mereka pun tahu sendiri , gumam intan dalam hati .

                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar